Proses pembentukan meander pada suatu sungai terjadi pada lingkungan

 

Proses pembentukan meander pada suatu sungai terjadi pada lingkungan

Proses pembentukan meander pada suatu sungai terjadi pada lingkungan adalah bebatuan Homogen. Karena aliran sungai menyebabkan reaksi terhadap bebatuan yang relatif homogen serta kurangnya resistensi batuan terhadap erosi.

Pembahasan
Hai teman-teman BrainlyLovers…!!! Sekarang kita akan membahas Meander.

Selamat belajar…!!!

1. Pengertian

Meander adalah suatu bentuk sungai terjadi karena akibat adanya pengendapan serta pengikisan sehingga sungai menjadi berkelok-kelok.

2. Proses pembentukan meander

Pembentukan meander dimulai dari bagian hulu sungai yang mempunyai volume dan tenaga yang masih kecil, karena bagian hulu sungai belum terjadi pengikisan. Selanjutnya aliran air sungai akan berusaha menghindari penghalang. Dibagian tengah sungai dan hilir sungai sudah mulai terjadi erosi dan pengendapan yang berlansung dengan terus-menerus. Kecepatan air akan mulai mengalir dengan berbeda-beda pada saat melewati lekukan suatu kelokan sungai.

3. Bagian-bagian dari meander antara lain :

a. Neck, adalah bagian leher dari meander

b. Spur, adalah bagian kepala dari meander

c. Undercut, adalah bagian dari lengkung meander

d. Slip off slope, adalah bagian dari lengkung meander (undercut) yang selalu memperoleh sedimentasi.

4. Macam meander

a. Meander mendalam

Meander mendalam adalah terbentuknya meander karena adanya erosi vertikal dan erosi lateral, sehingga pengikisannya akan melebar dan dalam.

b. Meander berteras

Meander berteras adalah terbentuknya meander karena terjadinya pengangkatan secara bertingkat-tingkat, sehingga di bagian tepi-tepi lembah sungai sisi kiri dan sisi kanan akan terjadi pembentukan teras-teras yang bertingkat-tingkat.

c. Meander lembah

Meander lembah adalah meander yang terletak di lembah yang telah mencapai stadium dewasa. Lebar dari meander lembah adalah dua puluh kali dari lebar sungai.

d. Meander bebas

Meander bebas adalah meander yang jalurnyaa tidak tertentu. Meander bebas terjadi pada sungai yang telah mencapai stadium tua dan banyaknya bekas yang ditinggalkan.

e. Meander pengikisan

Meander pengikisan adalah terbentuknya karena adanya suatu pengangkatan ataupun penurunan dari permukaan laut (penyebabnya adalah erosi basis atau adanya perubahan dari gravitasi) sehingga akan berakibat erosi vertikal aktif kembali.